Minggu, 10 Juni 2012

MEMAKNAI SHALAT

Apakah kita udah shalat dengan shalat yang sesungguhnya?
Jawabannya ada di diri kita masing-masing.
sesuai dengan firman Allah SWT, "celakalah orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dalam shalatnya". 
Bukankah shalat itu adalah perintah Allah SWT, akan tetapi mengapa dapat mencelakakan orang-orang. 
dapat di tarik kesimpulan bahwa, terdapat dua shalat
1. shalat hanya untuk melebur kewajiban
2. shalat hanya untuk Allah SWT semata
ada beberapa faktor yang membuat kita lalai
1.Niat

perlu diketahui bahwa niat lebih cepat sampai kepada Allah di banding perbuatan. jadi segala sesuatu itu tergantung dari niat. dalam niat inilah terdapat banyak kesalahan yang dilakukan oleh segelintir orang-orang pada umumnya. diantaranya ada yang berniat hanya sekedar membacanya tanpa mengetahui artinya. terkadang juga dalam berniat banyak pikiran-pikiran duniawi yang melintas dalam pikiran. terkadang juga dalam berniat itu kita terburu-buru sehingga apa yang diniatkan itu tidak sempurna. segala sesuatu itu tergantung dari niat. jadi sebelum shalat tenangkanlah pikiran terlebih dahulu, jangan tergesah gesah, dan berusahalah untuk mengetahui dan memaknai artinya. bukan cuma dalam shalat dalam beraktifitas itu perlu niat yang lurus sebelum melakukannya
2. ingatan 

ingatan dalam shalat dapat membuat kita melakukan kesalahan yang besar dan berakibat celakalah bagi kita di pandangan Allah SWT. 
cuma satu yang harus di ingat dalam shalat yaitu Allah SWT, jadi perlu untuk mempertajam ingatan dalam satu tujuan. dengan cara melatih nya. karena jika tidak demikian, kita shalat dengan ingat kepada Allah di samping itu kita terkadang ingat masalah duniawi. shalat merupakan penyembahan, jadi ingatanlah yang meluruskannya. apabila ingatan kita bercabang-cabang yang kita sembah itu bercabang-cabang juga. ingat Allah adalah satu.Dia tidak bercabang-cabang.

3. perbuatan

shalat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. pasti kata-kata itu sudah lumrah terdengar di telinga kita. jadi tanda bahwa kita udah shalat dengan benar yaitu kita adalah orang yang memiliki perbuatan yang tidak keji dan mungkar. tak heran banyak orang yang shalat, tapi perbuatannya masih tidak terpuji.





4. ketakutan dan keinginan

ada dua hadiah untuk orang yang melakukan shalat. Surga dan Neraka. 
ketakutan dan keinginan seperti inilah yang dapat membuat kita buta, sehingga ketakutan dan keinginan kepada Allah kita pudar. 
ada sebagian orang melakukan shalat karena takut kepada neraka dan menginginkan surga. sehingga posisi Allah dalam hal ini perlahan pudar. tanamkanlah dalam diri kalian meskipun tak ada surga dan neraka. kita harus tetap menyembah Allah SWT, surga dan neraka itu urusan Allah yang terpenting lakukanlah yang terbaik hanya untuk Allah. orang-orang yang paling baik amalannya, bukan orang-orang yang paling banyak amalannya. jadi amalan itu tidak monoton atau menurun. amalan itu harus meningkat seiring berjalannya waktu.. 
semoga bermanfaat untuk diri saya pribadi dan orang-orang yang membacanya.

terimakasih. tinggalkan pesannya yang membangun . hahahahahahahha

0 komentar:

Posting Komentar

alexa

pertanyaan

lintas.me

INFO GRATIS 2012

GRATIS (free)